Warga Cipinang Protes Tak Terdaftar Penerima BLT

Dari sebanyak 1.600 kepala keluarga (KK) 15 RT di RW 7, gang Mayong, Kelurahan Cipinang Besar Utara, Jatinegara, hanya sejumlah 38 KK yang terdaftar sebagai penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT).
“Sebenarnya masih banyak warga miskin di RW ini yang seharusnya memiliki gak BLT, tapi tidak. Tapi mau bagaimana lagi, datanya seperti itu, kata mantan ketua RT 11 Hidayat, Kamis (22/2008).
Jumlah itu diketahui Hidayat, saat dirinya mendapat tugas dari pihak kelurahan untuk melakukan pengecekan data penerima BLT menjelang pelaksanaan penyaluran pada Jumat 23 Mei, besok.
Misalnya di RT 6, dari sebanyak 30 KK, hanya 1 KK yang terdaftar sebagai penerima BLT. “Padahal, 80 persen warganya miskin, banyak janda jompo yang tingal di sana,” ujar Hidayat.
Hidayat menilai, pendataan penerima BLT tidak merata dapat menimbulkan kecemburuan social. “Banyak warga protes,” kata dia.
Menurut Hidayat, pendataan masyarakat miskin di daerahnya tidak melalui ketua RT.
Salah satu keluarga yang tidak terdata ialah Ana (70 tahun) yang menetap di RT 6. Janda ini tinggal di rumah petak berukuran sekira 3x3 meter persegi. Lantai rumahnya terbuat dari cor semen dan dindingnya dari kayu dan triplek.
Dia memiliki tiga anak dan lima orang cucu. Semua anaknya tidak memiliki pekerjaan. Petugas tidak mendata Ana sebagai penerima BLT sejak tahun lalu.

Pencairan BLT, PT Pos Diminta Sediakan Tenda & Minum
Warga penerima bantuan langsung tunai (BLT) diimbau untuk tidak memaksakan diri mencairkan kartu BLT yang diterima pada pencairan hari pertama.
Pemerintah menjamin semua uang BLT baik tahap pertama maupun tahap kedua akan aman, meskipun diambil belakangan.
“Uang dijamin aman,” katanya, Deputi Menko Perekonomian Bidang Pertanian dan Kelautan Bayu Krisnamurthi, di sela perjamuan makan acara pelantikan Gubernur Bank Indonesia (BI), di Mahkamah Agung, Jakarta, Kamis (22/5/2008).
Pemerintah juga sudah meminta PT Pos untuk menyediakan tenda, kursi, bahkan air mineral agar pencaiaran berlangsung nyaman. Pemda juga diminta inisiatifnya supaya suasana pencairan tidak menyusahkan warga. “Agar warga tidak berdesak-desakan,” imbuhnya.