Lira Q Distrik Belu Buka Sub District Malaka Barat

Belu, Lentira
Terhitung sejak 26 Mei 2008 yang lalu, Sub District Malaka Barat secara Resmi dibuka oleh District Program Manajer Alfridus M. F. Bria, SP. Yang menjadi Sub District Program Manajer (SDPM) adalah Maria Y. M Nahak, S.Pi.
Dalam arahan singkatnya Bria mengungkapkan untuk mencapai Visi dan Misi Lembaga yakni “Memberi tanpa membedakan karena semua orang membutuhkan” maka kerja sama dan kedisiplinan menjadi faktor utama dalam proses pelayanan kepada masyarakat melalui program-program lembaga baik dibidang pendidikan ekonomi, kesehatan maupun sosial kemasyarakatan.
Menjawab pertanyaan tentang mengapa Kecamatan Malaka Barat menjadi sasaran utama tahun ini dalam pelebaran sayapnya Lira Q di Belu. Bria mengatakan, bahwa berdasarkan data yang ada melalui Lira Q terdidik untuk bidang pendidikan dari 34 mitra penerima beasiswa dari Lira Q District Belu, 17 Mitra di antaranya beralamatkan dibeberapa desa yang ada di wilayah Kecamatan Malaka Barat. Antara lain di Desa Umato’os dan Desa Umalor.
Hal inilah yang menjadi barometer sehingga Distrik Belu berani mengambil langkah membuka sub distrik Malaka Barat.
Lebih lanjut dijelaskan Bria, untuk menjadi mitra penerima beasiswa dari Lira Q maka masyarakat wajib memasukan kelengkapan administrasi berupa Foto copy Identitas Orang tua/wali (KTPN yang masih berlaku), Foto coppy akta lahir/surat Babtis anak, surat dukungan dari pemerintah Desa, pas foto 4 x 6 Map Biru, Materai 6000 semuanya masing-masing 1 lembar. Dan untuk menjalin ikatan dengan Lembaga maka calon Mitra wajib mnginvestasikan biaya awal senilai Rp.1.500.000.
Calon mitra yang diberi kesempatan atau diperbolehkan untuk mendaftarkan diri sebagai mitra Penerima Beasiswa di Lira Q yaitu antara siswa/i SD kelas I–Siswa/i SMU kelas II.
Adapun besarnya biaya yang diterima Mitra penerima Beasiswa tingkat SD sebesar Rp. 25.000, SLTP Rp. 50.000, dan SLTA Rp. 60.000. yang memotifasi mitra beasiswa yaitu bonus untuk juara I umum kelas. Untuk tingkat SD sebesar Rp. 250.000, tingkat SLTP Rp. 500.000 dan tingkat SLTA sebesar Rp. 1.000.000. Selanjutnya jika mitra melanjutkan ke perguruan tinggi maka mitra menerima biaya test masuk perguruan tinggi sebesar Rp. 250.000 dan menerima bantuan Biaya SPP sebesar Rp. 850.000 per semester selama 8 semester atau 4 tahun. Apabila setelah tamat SLTA mitra tidak melanjutkan ke perguruan Tinggi maka besarnya nilai investasi awal sebesar Rp. 1.500.000 dikembalikan oleh Lira Q kepada Mitra.
Untuk pelaksanaan program tersebut maka Saat di temui media ini diruang kerjanya seusai acara peresmian, Sub District Program Manajer (SDPM) Malaka Barat Maria Y. M. Nahak, S.Pi mengatakan, bahwa target utama dalam bulan ini adalah dengan berbekal 5 orang staf yang ada pihaknya akan berusaha semaksimal mungkin untuk melakukan sosialisasi program pendidikan ke sekolah- sekolah baik SD, SLTP maupun SLTA yang berada di wilayah Kecamatan Malaka Barat. Sedangkan untuk penguatan ekonomi dan investasi kami akan menggunakan sistem dor to dor dan sosialisasi public ke desa-desa.
Ditempat terpisah Camat Malaka Barat ketika ditemui Lentira diRuang Kerjannya, mengatakan kehadiran Lira Q membawa harapan baru bagi masyarakat untuk merubah kehidupan perekonomian mereka menjadi lebih baik sehingga beliau mengharapkan dan mengajak seluruh elemen masyarakat Malaka Barat untuk mari dan bangun bersama Lira Q untuk merubah kahidupan kita. (abi)