Napaktilas Menaklukan Puncak Ile Ape

Lembata, Lentira
Kegiatan peringatan 100 tahun Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) tingkat Kabupaten Lembata dilakukan dengan kegiatan Napaktilas menaklukan puncak gunung Ile Ape oleh Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Lembata dengan mengibarkan bendera Merah Putih diatas puncak gunung Ile Ape tepat tanggal 20 Mei.
Para penakluk gunung Ile Ape bergerak meninggalkan Kota Lewoleba pada Senin 19 Mei pukul 15.00 Wita menuju Desa Lamatuka Kecamatan Ile Ape.
Rombongan tiba di Desa Dulitukan sekitar pukul 16.30 Wita yang diterima Kepala Desa Dulitukan, Mikhael Skeda beserta aparat desa dan tokoh masyarakat desa setempat.
Keesokannya Selasa 20 Mei, tepat pukul 02.00 dinihari, tim pendaki gunung mulai melakukan pendakian. Selama kurang lebih enam jam atau tepatnya pukul 08.00 wita, tim yang beranggotakan sebanyak 50 orang akhirnya berhasil mencapai puncak gunung Ile Ape.
Setelah beberapa waktu beristrahat, tim pendaki gunung melakukan upacara dengan mengibarkan bendera kebangsaan Indonesia Merah Putih diiringi lagu Indonesia Raya.
“Pada waktu itu yang kami pikirakan hanyalah satu yakni, bendera Merah Putih harus ditancapkan dan dikibarkan diatas puncak gunung Ile Ape,” ungkap Sekertaris Koordinator Kegiatan, Alex Oskar.
Sementara wakil koordinator kegiatan, Seth Marlon Leonard Mboli, menjelaskan, kegiatan pendakian yang dilaksanakan pada waktu dinihari mempunyai makna tersendiri yakni, gambaran potret buram kehidupan bangsa yang dialami akhir-akhir ini.
“Jika kita mau berjuang dan bekerja kerja serta mengabdi tanpa pambri, maka potret buram itu akan berubah menjadi lukisan yang indah dan bercahaya. Bangsa Indonesia setelah melewati masa suram atau kegelapan pasti ada cahaya baru yang akan meyinari dan menghalau kegelapan bangsa ini,” tegasnya.
Momentum peringatan 100 tahun hari kebangkitan nasional tahun demikian Mboli, haruslah dibingkai dalam semangat mengubah pola hidup lama menuju ke pola hidup baru yang lebih baik dan lebih cerah.
Untuk itu Mboli mengajak generasi muda untuk senantiasi berkreasi dan berinisiatif untuk melakukan hal-hal yang baru yang mambangun dan memperkaya serta menjalin persatuan. (Han)