Program Wisata Istana Kepresidenan

Istana Merdeka Dibuka Untuk Umum

Mulai Sabtu (24/5) mendatang, Istana Kepresidenan Jakarta akan terbuka untuk umum. Siapapun bisa datang untuk mengikuti Wisata Istana Kepresidenan. Gratis. Demikian dikatakan Juru Bicara Kepresidenan, Andi A.Mallarangeng dalam keterangan persnya di Kantor Presiden, Rabu (21/5) siang.
“Di negara-negara lain, Istana Kepresidenan atau kerajaan, seperti Gedung dan Buckingham Palace, sudah memiliki program tur istana dengan konsep yang jelas, terjadwal, dan birokrasi yang lebih mudah,” kata Andi kepada wartawan,”Maka disususnlah program ini sehingga masyarakat umum bisa datang melihat Istana Kepresidenan. Program ini juga menjadi bagian dalam rangka merayakan 100 Tahun Kebangkitan Nasional dan Visit Indonesia Year 2008,” Andi menambahkan.
Untuk sementara, Wisata Istana ini akan dibuka pada Sabtu dan Minggu, mulai pukul 09.00 WIB sampai 16.00 WIB. Pendaftarannya sendiri akan ditutup pukul 15.00 WIB. Jika nanti ada kegiatan Presiden yang dilaksanakan di Istana Merdeka pada saat bersamaan, maka tur ini akan ditutup untuk sementara. Demikian juga jika terjadi hujan. “Penambahan waktu kunjungan akan disesuaikan dengan hasil evaluasi secara bertahap. Targetnya Wisata Istana ini akan dibuka lima hari seminggu, yaitu hari Selasa-Kamis, dan Sabtu serta Minggu. Tur akan ditutup pada hari Senin dan Jumat,” Andi menjelaskan.“Tour guide sudah disiapkan dan dididik secara khusus untuk memandu pengunjung. Mereka direkrut dari Kowad, Kowal, Wara, dan Polwan, sejumlah 18 orang,” terang Andi. ”Tur ini akan melewati sebagian dari Istana Kepresidenan, yaitu Istana Merdeka dengan prinsip tidak mengganggu kerja Presiden dan perangkatnya, serta tidak mengkompromikan keamanan Presiden, Ibu Negara, dan keluarganya,” tambahnya.