Tingkatkan Mutu Pelayanan Publik

HUT Merupakan Momen Introspeksi

Sikka, Lentira
Pada tanggal 16 Mei 2008 Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. T. C. Hillers merayakan Ulang Tahun yang ke 53 semenjak berdiri di Kabupaten Sikka pada tahun 1955 dan diusia yang kesekian RSUD Dr. T. C. Hillers, akan terus memperbaiki dan meningkatkan mutu pelayanan kepada publik.
“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati pahlawannya. kata-kata ini sering dikumandangkan pada saat peringatan hari pahlawan. untuk itulah tak kalah pentingnya apabila kita sebagai warga RSUD Dr. T. C. Hillers turut berbangga pula terhadap pahlawan kita dr. T. C. Hillers sebagai sosok seseorang yang cukup berjasa besar dalam berdirinya RSUD dr, TC Hillers Maumere,”
Hal tersebut disampaikan Direktur RSUD dr. T. C Hillers, dr. Asep Purnama ,Sp . PD, saat membuka kegiatan workshop tentang rencana strategis RSUD dr. T. C. Hillers Maumere yang bertempat di Aula RSUD. Sehubungan dengan itu seluruh manajemen rumah sakit merayakan hari ulang tahun RSUD dr.T . C. Hillers.
Purnama menjelaskan bahwa, tanggal 16 Mei merupakan hari kelahiran dr. T. C. Hillers, sebagai wujud penghargaan padanya yang telah mengabdikan diri di Kabupaten Sikka dalam hal ini mendirikan RSUD dr. T. C. Hillers Maumere.
Dalam rangka melaksanakan dan menyukseskan manajemen rumah sakit yang terbaik, dibutuhkan peran serta seluruh jajaran rumah sakit. Hal ini erat kaintannya dengan visi sebuah rumah sakit yakni, Menjadikan rumah sakit yang dicintai dan dibanggakan masyarakat.
“Maksudnya bahwa menjadikan rumah sakit sebagai pilihan utama dan rujukan utama karena mampu memberikan pelayanan yang paripurna, berkualitas prima dan memasyarakat dalam artian bahwa karyawan RSUD, pemilik, pelanggan dan pihak terkait ikut bertanggung jawab dan berpartipasi aktif dalam menjalankan rumah sakit,” jelas Purnama.
Menurut Purnama, aplikasi dari visi maka termuat dalam misi yaitu Meningkatkan kemampuan etika dan profesional sumber daya manusia dirumah sakit dengan menyelenggarakan pendidikan, pelatihan dan penelitian terpadu. Dengan pelayanan dan menyelenggarakan pelayanan rujukan kesehatan dalam rangka meningkatakan kualitas pelayanan kesehatan serta menjalin kemitraan dengan masyarakat.
Lebih lanjut dijelaskannya bahwa, untuk merubah suatu kebiasaan dan tradisi yang tidak baik, sangatlah tidak mudah. Oleh karena itu, diharapkan peran serta seluruh jajaran baik dari karyawan maupun instansi terkait lainnya dan juga DPRD dalam hal pengawasan dengan harapan kedepannya akan lebih baik lagi dari saat ini.
Dirinya menambahkan, pihak rumah sakit tentu akan berupaya melaksanakan kerja sama yang Akuntabel, Profesional, Integritas dan Kasih (APIK) antara karyawan dan masyarakat. Dengan sikap sanggup bekerjasama mengedepankan transparasi, menjunjung tinggi etika, standar profesi, jujur dan terbuka.
Apabila hal itu dapat diaplikasikan dalam pelayanan maka akan tercipta kesatuan antara pikiran, ucapan dan perbuatan. “Para perawat harus senantiasa memberi bantuan dengan setulus hati, bersedia melayani dengan ramah, hangat dan bersahabat dengan seluruh lapisan masyarakat,” katanya.
Selain memperingati Hari Ulang Tahun RSUD dr. T. C. Hillers, panitia pelaksana juga melaksanakan serangkaian kegiatan perlombaan diantara lomba Dance Competition, Tari Kreasi Baru dan lain-lain bagi segenap karyawan/I RSUD dr. T. C. Hillers.
Ditempat terpisah ketua panitia pelaksana, Suharto, SKM, yang ditemui Lentira menjelaskan bahwa, kegiatan tersebut dilaksanakan untuk memberi semangat kerja bagi karyawan sehingga dapat memberikan pelayanan yang baik dan professional.
Dirinya menjelaskan, hal ini sesuai dengan motto RSUD dr. T. C. Hillers “Saatnya berubah untuk melayani lebih baik” dengan tujuan memperkenalkan kepada masyarakat serta persatuan dan persaudaraan sesama keluarga besar karyawan RSUD dr. T. C. Hillers serta mempromosikan RSUD dalam peningkatan pelayanan kedepan yang lebih baik. Acara tersebut disponsori oleh Suzuki, Telkomsel dan FiF. (dji)