Lira Q Bayar Gaji Guru Honorer

Corebima : Seperti Mimpi Tapi Nyata

Adonara, Lentira
Ketua Yayasan Surya Agung, S. O. Corebima mengatakan, pihaknya telah komit untuk berivestasi di Lembaga Investasi Masyarakat Q (Lira Q) dalam bidang pendidikan. Hal tersebut dibuktikan dengan telah mendaftarkan sebanyak 22 guru dan 14 pegawai yang bertugas pada TKK, SMU/SMK Swasta Suryamandala Waiwerang, Adonara Timur yang dikelola Yayasan Surya Agung.
Corebima menjelaskan, sistem kemitraan yang tengah dijalin bersama Lira Q adalah untuk pembayaran gaji, dengan syarat yang diajukan oleh Lira Q yaitu dengan berinvestasi awal masing-masing Rp. 7. 500. 000,- untuk tenaga guru dan Rp. 5. 000. 000,- untuk pegawai yang dikontrak selama sepuluh tahun total besaran investasinya Rp. 235.000.000,-.
“Jadi investasi awal ini ditangani dulu oleh pihak yayasan. Semua Guru dan Pegawai dengan lama kontrak sepuluh tahun. Tapi besarnya investasi berbeda. Guru dengan Rp 7. 500. 000,- sedangkan pegawai Rp 5. 000. 000,-,” jelas Corebima.
Dengan demikian gaji yang akan diterima oleh setiap guru dan pegawai yaitu, 3 bulan pertama sebesar Rp. 350.000,- bulan berikut sebesar Rp. 650.000/bulannya selama setahun dan untuk 9 tahun berikut disesuaikan dengan sesuai jenjang pendidikannya PNS S1 Rp. 1.200.000/bulan SMA Rp. 950.000/bulan dan Diploma Rp. 1. 050.000/bulan.
Ditanya tingkat kepercayaannya akan program dari LIRA Q ini, Corebima mengatakan, pada awalnya sangat membingungkan mengenai seluruh program LIRA Q namun ketika setelah bertemu langsung dan terlibat diskusi dengan Profincial Programe Manager/Direktur utama LIRA Q Provinsi Jufri Deny H. Pakh, SP, hatinya langsung tergerak untuk menjadi kolega LIRA Q dan menginvestasikan sejumlah uang untuk kepentingan para guru dan pegawai.
“Terus terang saja awalnya bingung dengan program Lira Q, untuk investasi pendidikan ini. Akan tetapi setelah melakukan diskusi bersama pak direktur saya ngerti juga. Nantinya gaji guru dan pegawai akan dibayar LIRA Q. Kalau hanya berharap SPP saja untuk membiayai semuanya itu agak sulit. Karena hanya Rp 600.000,- saja pertahun per siswa. Jadi agak susah dari SPP saja. Pertama saya ragu. Tapi setelah saya bertemu dan mengadakan diskusi dengan Jufri serta melihat banyak bukti maka saya percaya. Ini seperti Mimpi tapi Nyata,” jelas Oka yang sekarang menjadi Mitra investasi terbanyak untuk Sub Distrik Adonara Timur.
Sementara itu salah satu guru SMK Surya Mandala, Hasan Basri, Spi, dalam diskusi dengan Lentira di kantor LIRA Q Sub Distric Adonara Timur mengungkapkan rasa puas dan gembiranya atas terobosan yang dilakukan pihak Yayasan surya Agung dalam upaya mengangkat kesejahteraan guru dan pegawai dengan melakukan investasi Lira Q.
“Jelasnya saya puas, senang dengan adanya Lira Q yang telah bekerja sama dengan Yayasan untuk meningkatkan kesejahteraan guru dan pegawai “ ungkap alumni Fakultas Perikanan Universitas Muhamadiyah kupang ini.
Dirinya mengakui bahwa masih banyak sekolah Swasta yang tingkat kesejahteraan guru dan pegawai belum mendukung. Oleh karena itu harapan ke depan Lira Q dapat melakukan sosialisasi program serupa ke sekolah–sekolah swasta yang ada dipulau Adonara.
Terkait tingkat kedisiplinan yang menjadi salah satu unsur penting dalam penilaian kinerja seorang guru dan mitra dalam pelaksanaan program Lira Q ini, dirinya mengatakan, untuk dilingkup Surya Mandala sendiri tingkat disiplin pegawai dan guru sudah sangat baik dari dulu. Jadi bukan dengan adanya program dari LIRA Q baru semuanya menjadi disiplin. (sep)