Olah Raga

Inter Umumkan Pemecatan Mancini
Alasan pemecatan Roberto Mancini adalah pernyataan pengunduran dirinya setelah Inter Milan dikalahkan Liverpool di Liga Champions.
Kali kedua sepanjang Kamis (29/5), Inter Milan memberikan keterangan lewat situs resminya. Jika penjelasan pertama tidak menyebut pemencatan Roberto Mancini, penjelasan resmi klub berjuluk Nerazzuri kali kedua menyebutkan sang pelatih resmi dipecat.
''FC Internazionale telah memberi tahu kepada Roberto Mancini bahwa dia dipecat karena pernyataan yang dibuatnya setelah Nerazzuri dikalahkan Liverpool 1-0 di San Siro dalam laga kedua babak 16 Liga Champions,'' demikian keterangan resmi Inter yang dilansir situs www.inter.it.
Pemecatan Mancini dari Inter Milan kali pertama diungkap agen sang pelatih dalam wawancara dengan salah satu stasiun televisi di Italia. Beberapa jam setelah itu, sebuah situs sepak bola memberitakan suasana pertemuan 25 menit antara Massimo Moratti, presiden Inter Milan, dengan Mancini.
Pertemuan Moratti dan Mancini berlangsung dalam suasana dingin, setelah sang presiden membuka pembicaraan dan pelatih yang memberi tiga gelar Seri A untuk Milan setengah terkejut dan menghardik.
Banyak faktor yang membuat Moratti terpaksa memecat Mancini. Inter mengawali musim ini dengan gemilang, dan sempat unggul 11 angka di atas AS Roma. Namun harus susah payah memenangkan laga terakhir melawan Parma pada laga terakhir, untuk memperoleh gelar.
Mancini dianggap gagal mempertahankan konsistensi tim sepanjang musim. Terlebih kegagalan itu disebabkan hubungan sang pelatih yang kurang harmonis dengan sejumlah pemain. Kegagalan Inter Milan di Liga Champions juga disebabkan hal itu.
Hubungan Mancini dengan staf medis klub juga memburuk setelah sang pelatih mengkritik metode mereka. Dalam beberapa kesempatan Mancini terlibat pertengkaran dengan Moratti, karena tidak memainkan Luis Figo.
Yang membuat Moratti jengkel, Mancini kerap berbicara kepada media mengenai situasi tidak menyenangkan di Inter Milan. Moratti mencatat semua perlakukan itu, dan sampai laga Coppa Italia melawan AS Roma, Mancini tidak mengetahuinya. Bahkan Mancini tidak sadar bahwa final Coppa Italia adalah pertandingan terakhirnya dengan Inter Milan.
Namun dari sekian banyak komentar Mancini yang menjengkelkan adalah pernyataannya akan mengundurkan diri pada akhir musim. Pernyataan ini dikeluarkan usai laga Liga Champions melawan Liverpool.
Moratti juga kecewa dengan kegagalan beruntun Inter Milan di Liga Champions. Sang presiden tidak yakin Mancini bisa melakukannya pada musim depan. Alasan itu pula yang membuat Moratti menunjuk Jose Mourinho sebagai pengganti Mancini. Namun sampai saat ini Mourinho belum meneken kontrak dengan Inter.
Inter memenangkan Piala Champions 1964 dan 1965, tapi setelah itu tidak pernah lagi mencapai final. Kini Inter menginginkan gelar itu untuk merayakan peringatan 100 tahun klub.

Pecat Mancini, Inter Wajib Bayar Rp 436 M

Keputusan Inter memecat Roberto Mancini harus dibayar mahal, dalam arti sebenarnya. Soalnya pelatih yang sukses membawa Nerrazzurri meraih scudetto itu berhak mendapat pembayaran dari sisa kontraknya sebesar Rp 436 miliar.

Nilai tersebut, yang sama dengan 30 juta euro itu, merupakan akumulasi total pendapatan Mancini dari kontrak lima musim yang dimilikinya bersama Inter. Untuk per tahunnya saja, nilai kontrak Mancini senilai enam juta euro dan kesepakatan tersebut akan berakhir pada 2012.

Namun nilai tersebut merupakan jumlah yang harus dibayarkan Inter untuk Mancini saja. Padahal selama menangani Nerrazzurri, pria berusia 43 tahun itu dibantu oleh beberapa asisten dan staff pelatih, antara lain Sinisa Mihajlovic, pelatih kiper Giulio Nuciari, Fausto Salsano, Dario Marcolin dan Ivan Carminati.

Lalu mengapa Inter harus membayar jumlah uang yang tidak sedikit itu? Menurut La Gazzetta dello Sport, tidak ada klausul pada kontrak Mancini mengenai pemotongan nilai kontrak meskipun sang pelatih diberhentikan sebelum kesepakatan berakhir.

"Tidak ada yang namanya (get-out) clauses," terang agen Mancini Giorgio de Giorgios. "Ketika kita terikat kontrak, harusnya semua orang menghormatinya hingga akhir. Dan ketika presiden (Massimo Moratti) berpaling dari Mancini ke (Jose) Mourinho, maka ia tahu berapa yang harus dibayarnya," lanjutnya.

Moratti sendiri sebenarnya sudah berusaha membujuk Mancini untuk menurunkan pembayaran beban Inter atas dirinya saat keduanya saling bertemu di kediaman Mancini, Selasa (27/5/2008) silam. Namun Mancini, yang merasa dikecewakan dan dibohongi karena kesepakatan diam-diam Inter dengan Jose Mourinho, keukeuh Inter harus membayar apa yang memang wajib diselesaikannya itu.



Ballack Optimistis Jerman ke Perempat Final

Jerman akan tampil beda ketika menghadapi Serbia dalam laga pemanasan sebelum berangkat ke Euro 2008.

Kapten Michael Ballack, Kamis (29/5), mengatakan dirinya sangat yakin Jerman akan mencapai perempat final Euro 2008. Ia juga tidak mempersoalkan penampilan buruk timnya ketika ditahan Belarusiaa 2-2 dalam laga persahabatan, Rabu (28/5).
''Jika Anda melihat Grup B, Anda juga akan yakin kami bisa mencapai perempat final,'' kata Ballack, gelandang Chelsea yang masih berupaya mengobati luka kegagalan meraih gelar Liga Champions.
Jerman akan menghadapi Serbia pada laga persahabatan terakhir, Sabtu (31/5), sebelum berangkat ke Swiss dan Austria. Ballack yakin Jeman akan tampil berbeda dalam laga itu.
Menjawab pertanyaan wartawan mengenai penampilan buruk Jerman saat ditahan Belarusia, Ballack mengatakan; ''Kami kelelahan, karena latihan yang kami jalani lebih banyak bersifat fisik. Melawan Serbia, Anda akan menyaksikan pernampilan Jerman yang berbeda.''
Ballack juga yakin timnya akan fit ketika menghadapi Polandia dalam laga pertamanya, 8 Juni mendatang. Mengenai lawannya di Grup B, Ballack mengatakan ada tim yang memiliki kualitas teknis dan individu menonjol, namun Jerman memiliki antusiasme dan semangat.
Jerman berada di Grup B bersama Kroasia, Polandia, dan tuan rumah Austria.




Moratti Rundingkan Kepindahan Eto'o ke San Siro

Laporan di Spanyol menyebutkan Massimo Moratti tidak datang untuk mendapatkan Samuel Eto'o, tapi menawarkan paket pembelian Ronaldinho, Deco, dan Giovani Dos Santos, dengan harga 40 juta pounds.

Massimo Moratti, presiden Inter Milan, dilaporkan terbang ke Barcelona untuk membicarakan transfer striker Samuel Eto'o.
Situs channel4.com menulis Eto'o adalah salah satu pemain yang masuk daftar belanja Jose Mourinho, pelatih yang akan menggantikan Roberto Mancini dalam waktu dekat ini. Barcelona memang akan melepas sejumlah pemainnya, karena pelatih Pep Gurdiola akan merombak total skuad El Barca.
Raksasa Katalan itu diyakini akan meminta 35 juta pounds, plus Adriano -- striker nakal yang baru saja menemukan kembali performanya di Sao Paulo. Joan Laporta, presiden Barcelona, dikabarkan juga menyiapkan tawaran untuk mendapatkan Zlatan Ibrahimovic.
Laporta kemungkinan akan menawarkan pertukaran Eto'o dengan Ibrahimovic, stiker asal Swedia yang cukup produktif sepanjang musim lalu. Namun Ibrahimovic juga dikaitkan dengan Real Madrid.
Belum diketahui apakah Moratti bersedia melepas Ibrahimovic. Yang pasti, sepanjang musim lalu, Nerazzuri sangat tergantung pada kemampuan Ibrahimovic mencetak gol.
Mourinho juga meminta Moratti untuk mendapatkan Frank Lampard dari Chelsea. Lampard adalah salah satu anak emas Mourinho, ketika pelatih asal Portugal itu masa berada di Stamford Bridge.
Lampard bisa diperoleh dengan harga 7 juta pounds, karena kontraknya tinggal satu musim lagi. Jika Moratti bisa mendapatkannya, masa depan Esteban Cambiasso di San Siro akan terancam.
Selain mendapatkan pemain yang telah jadi, Moratti juga mendapatkan Cristian Daminuta -- gelandang usia 18 tahun kelahiran Rumania. Daminuta bermain di klub Politehnica Timisoara, dan pindah ke Inter dengan status free transfer. Publik Rumania menjulukinya Vieira dari Carpathians.
Di Spanyol, surat kabar DarioSport melaporkan Moratti tidak datang untuk mendapatkan Eto'o, tapi mengajukan paket pembelian tiga pemain sekaligus; Ronaldinho, Deco, dan Giovani Dos Santos, bernilai 40 juta pounds.
Mourinho dikabarkan secara khusus meminta kepada Moratti untuk mendapatkan Deco. Sang pelatih sangat ingin kembali bekerjasama dengan pemain yang memberi gelar Liga Champions untuk FC Porto tahun 2004.




Rangkuman Gosip Transfer Inggris - 28 Mei 2008
Apa saja gosip transfer terpanas yang diberitakan sejumlah suratkabar terkemuka di Inggris hari ini?

Press Association mengabarkan:
Roberto Mancini telah meninggalkan Inter Milan setelah mendapat kabar Jose Mourinho akan menggantikannya. Mancini merupakan salah satu favorit pengganti Avram Grant di Stamford Bridge.

Various melaporkan:
Real Madrid berganung dengan Inter Milan untuk memperebutkan gelandang Arsenal yang bernilai 15 juta poundsterling, Alexander Hleb.

Liverpool berharap untuk melengkapi bek Italia, Andrea Dossena, pekan ini dengan 6 juta poundsterling. The Reds harus bersaing dengan Fiorentina dan Juventus, sehingga nilai Dossena kemungkinan meningkat jadi 8 juta poundsterling.
Pemain AS Roma Alberto Aquilani, salah satu target Arsenal, telah membuka peluang untuk pindah ke Inggris.

Harian Daily Star menerbitkan:
Peter Crouch mengatakan kepada Rafa Benitez, ia ingin bertahan di Anfield hingga kontraknya berakhir tahun depan, sebagai bentuk protesnya terhadap bandrol 15 juta poundsterling.

Tottenham telah berhasil menggaet bintang muda Barcelona, Giovani Dos Santos, yang akan tiba di White Hart Lane dengan deal 12.5 juta poundsterling.

Newcastle menyiapkan dana 6 juta poundsterling untuk gelandang asal Kamerun, Achille Emana, untuk menggantikan Joey Barton di klub.

Dari Daily Mirror:
Pelatih baru Hamburg, Martin Jol, akan berusaha keras untuk mempertahankan Rafael van der Vaart yang menjadi salah satu target Chelsea.

Sir Alex Ferguson akan terbang ke pusat latihan tim nasional Portugal di Swiss menjelang Euro 2008 guna membujuk Cristiano Ronaldo supaya bertahan di Manchester United.

Laporan The Sun:
Manajer Manchester City, Sven-Goran Eriksson, akan dipecat Minggu (1/6), dan akan menjadi pelatih baru tim nasional Meksiko.

Berdasarkan sebuah jajak pendapat koran ini, mayoritas fans sepakbola Inggris akan mendukung Italia di Euro 2008, diikuti Spanyol dan Prancis.

Arsenal dan Newcastle sedang membidik striker berusia 19 tahun asal Swiss, Eren Derdiyok.

Bos The Gunners, Arsene Wenger, mempertimbangkan untuk menggaet bintang Paris St Germain, Clement Chantome.

Bek Getafe asal Argentina, Daniel Diaz, kemungkinan pindah ke Tottenham dengan nilai transfer 3 juta poundsterling.

Bekas manajer Chelsea, Jose Mourinho, akan menjadi pelatih baru Inter Milan setelah Roberto Mancini dikabarkan bakal dipecat sang Scudetto Serie A Italia itu.

Kobe Bryant ternyata fans berat David Beckham yang merumput di Los Angeles Galaxy. Bintang bola basket NBA yang memperkuat Los Angeles Lakers itu merasa yakin Beckham telah memperbaiki popularitas sepakbola di Amerika Serikat.

Kutipan dari Daily Mirror:
Marcelo Moreno, salah satu pemain incaran Tottenham Hotspur, harus mengambil keputusan antara White Hart Lane dan Shakhtar Donetsk setelah penawaran kedua klub senilai 4 juta poundsterling disetujui oleh Cruzerio.

Manajer Wigan, Steve Bruce, menyiapkan penawaran 3.5 juta poundsterling untuk pemain Newcastle, Charles N'Zogbia.

Striker Lyon, Sydney Govou, menyatakan tertarik untuk bergabung dengan Portsmouth.

Harian Daily Telegraph melaporkan:
Arsenal mengalami kesulitan untuk membicarakan kontrak barunya Cesc Fabregas, karena gelandang asal Spanyol itu mendapatkan agen baru, Darren Dein, yang kebetulan anak dari mantan wakil ketua klub, David Dein.

The Guardian memuat berita berikut ini:
Pimpinan Pemerintah Kota Liverpool mengungkapkan, masih terdapat kemungkinan untuk Liverpool dan Everton bermain di stadion yang sama.